Jumat, 17 Februari 2012

5 artikel tentang ELEKTRONIKA


Elektronika
Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.
Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Tabung Sinar Katode (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll.
Rangkaian Elektronika
    10W Audio Amplifier Dengan Bass-boost - Rangkaian ini di dasari pada 18 Watt Audio Amplifier, dan selanjutnya dikembangkan karena tak dapat menemukan TLE214IC chip. Kemudian digunakan NE5532 Dual IC yang tersebar luas.     Amplifier 50 Watt - Selain tangguh, rangkaian ini mudah dalam pembuatannya. Rangkaian ini bisa dihubungkan dengan radio,TV, stereo atau perangkat lain.     Croos Over - Adalah suatu alat untuk menigkatkan kualitas dan mutu dari system Audio.     Pengusir Tikus - Dengan rangkaian ini di jamin tikus-tikus akan berlarian karena telinganya sakit oleh getaran suara yang dihasilkan alat ini.     Detektor Signaal AF/RF - Adalah rangkaian yang digunakan untuk mencari kerusakan komponen perangkat elektroik.     Lampu Kilat Menggunakan LED - Menjadi alternatif lampu kilat yang sesungguhnya.     Lampu Dansa, Mengiringi Irama Musik - LED akan menya seiring dengan irama musik dan suara disekitarnya.     Knight Reider - Rangkaian ini terdiri dari 11 LED dan dapat menghasilkan animasi lampu yang menarik dan juga murah.     UPS Mini - Digunakan untuk mengantisipasi listrik padam. Walau tidak sehandal UPS yang asli, rangkaian ini sedikit bermakna, Mau tahu....?     Digital Volume Control - Gantikan peran potesio putar yang boleh dibilang konvensional.     Pre-Amp dan Equalizer - Denagn rangkaian ini pembaca dapat menikmati kemantapan nada rendah (Bass), kellincahan nada tengah (Mid), dan gemerincinya nada tinggi (Treble)



SKEMA RANGKAIAN LAMPU LED BERJALAN
Components list:
R1_____________10K 1/4W Resistor
R2,R3__________47K 1/4W Resistors
R4______________1K 1/4W Resistor
R5,R6,R7______100K 1/4W Resistors
R8____________820R 1/4W Resistor

C1,C3_________100nF 63V Ceramic or Polyester Capacitors
C2_____________10΅F 50V Electrolytic Capacitor
C4____________330nF 63V Polyester Capacitor (See Notes)
C5____________100΅F 25V Electrolytic Capacitor

D1___________1N4148 75V 150mA Diode
D2-D11_________5 or 3mm. LEDs (any type and color)

IC1___________LM358 Low Power Dual Op-amp
IC2____________4017 Decade counter with 10 decoded outputs IC

M1_____________Miniature electret microphone
SW1____________SPST miniature Slider Switch
B1_______________9V PP3 Battery
Clip for PP3 Battery

Additional circuit parts (see Notes):

R9,R10_________10K 1/4W Resistors
R11____________56R 1/4W Resistor
D12,D13 etc.____5 or 3mm. LEDs (any type and color)
Q1,Q2_________BC327 45V 800mA PNP Transistors
Q3____________BC337 45V 800mA NPN Transistor

Digital elektronik
Elektronika digital merupakan sinyal diskrit oleh band-band analog tingkat , bukan oleh berbagai berkesinambungan. Semua tingkatan dalam sebuah band mewakili keadaan sinyal yang sama. Perubahan yang relatif kecil untuk tingkat sinyal analog karena toleransi manufaktur , redaman sinyal atau kebisingan parasit tidak meninggalkan amplop diskrit, dan sebagai hasilnya diabaikan oleh sirkuit sinyal negara sensing.
. Dalam kebanyakan kasus jumlah negara-negara ini adalah dua, dan mereka diwakili oleh dua band tegangan: satu di dekat nilai referensi (biasanya disebut sebagai "tanah" atau nol volt) dan nilai dekat tegangan suplai, sesuai dengan "false" ("0") dan "benar" ("1") nilai dari domain Boolean masing-masing.
Teknik digital berguna karena lebih mudah untuk mendapatkan perangkat elektronik untuk beralih ke salah satu dari sejumlah negara dikenal daripada untuk secara akurat mereproduksi berbagai berkesinambungan nilai-nilai.
Sirkuit elektronik digital biasanya terbuat dari majelis besar gerbang logika , representasi elektronik sederhana dari fungsi logika Boolean .
Elektronika digital
Elektronika digital adalah sistem elektronika yang menggunakan isyarat digital. Elektronika digital adalah representasi dari aljabar boolean dan digunakan di komputer, telpon genggam dan berbagai produk konsumen lainnya. Dalam sebuah sirkuit digital, sinyal direpresentasikan dengan satu dari dua macam kondisi yaitu 1 (high, active, true,) dan 0 (low, nonactive, false). Atau jika direspresentasika dalam tegangan 1 dapat berarti tegangan maksimum (umumnya 5 V atau 3 V) dan 0 berarti tegangan minimum (umumnya 0 v, tapi ada pula yang 2,5 V). hal ini dikarenakan varian dari bahan pembuatnya.


1 komentar: